Semoga di Web Dh!ka ini, anda menemukan apa yang anda cari & jangan lupa comment + follownya

Kamis, 04 Maret 2010

Cara Mengenal Istilah Keamanan Berinternet

Internet adalah belantara informasi. Beragam informasi positif dan negatif ada didalamnya. internet juga merupakan tempat mencari program. anda dapat mencari program yang bersifat shareware (digunakan terbatas waktunya) atau freeware (bebas pakai). internet juga sebagai media pertukaran data dan informasi. internet bukan merupakan tempat yang aman. ada banyak program jahat yang sewaktu-waktu dapat menyusup ke dalam komputer anda tanpa pernah anda sadari atau ketahui. berbagai macam tindakan yang dapat dilakukan, dari sekadar memantau aktivitas anda (spyware), hingga yang bersifat merusak (virus dan worms).

Anda perlu memasang benteng pertahanan (firewall) pada komputer anda agar dapat menangkal berbagai macam ancaman yang bersifat merusak tersebut. ada banyak sekali program yang berfungsi memberi perlindungan pada sistem komputer anda dari ancaman.


Program antivirus dewasa ini tidak saja mampu melenyapkan virus yang sistem penyebarannya konvensional, yaitu melalui media disket atau CD, akan tetapi juga dapat melindungi komputer anda dari ancaman virus yang masuk melalui jaringan internet. seperti worms atau trojan. Worms (cacing) biasanya menyusup ke komputer anda melalui e-mail atau situs. oleh karena itu ada baiknya anda tidak membuka e-mail yang mencurigai atau tidak anda kenal sumbernya. untuk situs anda lebih baik tidak membuka situs underground.


Program pembersih spyware berfungsi melenyapkan berbagai macam cookies atau program pemantau aktivitas Internet anda. ada banyak tipe jenis spyware dari yang ringan atau yang berat. ada yang sekedar memantau aktivitas sehari-hari anda, sampai yang dapat mencuri data pada komputer anda. tentu anda tidak ingin aktivitas ber-internet anda di pantau orang. oleh karena itu lenyapkan berbagai macam spyware yang berbahaya.


Program internet firewall dipergunakan sebagai dinding pertahanan komputer anda dari serangan yang tidak diketahui jenisnya. firewall sangat efektif manakala anda ingin melindungi komputer anda dari serangan seseorang penyusup yang dengan sengaja ingin mencuri data dari komputer anda. program firewall dapat dengan otomatis mendeteksi kebocoran informasi dan menutup lubang pada komputer anda agar tidak dapat disusupi oleh orang atau program yang mencurigakan.


Salam sukses......

0 komentar:

Posting Komentar

 

ShoutMix chat widget

Tips - Trik Komputer dan Internet Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts