Semoga di Web Dh!ka ini, anda menemukan apa yang anda cari & jangan lupa comment + follownya

Kamis, 04 Maret 2010

Sejarah Perkembangan internet

Internet adalah tidak lebih sebuah jaringan komputer yang maha besar yang saling berhubung satu sama lain namun tidak bersifat sentralistik; jadi apabila satu komputer atau grup terputus tidak akan mengganggu aktivitas koneksi komputer lainnya.
Jumlah komputer yang terkoneksi dalam internet berlipat ganda setiap 9 hingga 14 bulan sekali sejak akhir tahun 1970-an pada tahun 1981 jumlah komputer yang terkoneksi dengan internet baru 213 unit, namun pada tahun 2000 jumlah komputer yang terkoneksi menjadi lebih dari 400 juta unit. saat ini jumlah pengguna internet (akhir tahun 2005) menjadi 1 miliar orang.

Cikal bakal internet dimulai dari proyek ARPANET, yaitu sebuah proyek jaringan komunikasi untuk militer Amerika serikat. jaringan ARPANET hanya diperuntukan bagi personel militer Amerika dan peneliti yang membangun jaringan tersebut. dari tahun 1970 s.d akhir 1980-an internet adalah jaringan komunikasi yang dibiayai oleh pemerintah amerika sarikat untuk tujuan riset akademik dan militer. Jaringan ini diatur oleh sebuah badan yang bernama National Science Foundation (NSF). pada universitas yang diberi akses pun dibatasi hanya peneliti unggul saja. Pada tahun 1980-an NSF membuat kebijakan yang longgar dengan mengizinkan seluruh civitas akademika pada universitas untuk dapat menggunakan internet. Namun pada masa ini internet tidak digunakan untuk tujuan komersial.

Pada tahun 1995 NSF tidak diperkenankan lagi mengatur aktivitas internet. internet diprivatisasi dan digunakan untuk tujuan komersial. Tindakan ini bersamaan dengan semakin populernya penggunaan World Wide Web (WWW) yang ditemukan oleh Timoty Berners-Lee yaitu seorang fisikawan asal inggris. Pada akhir tahun 2000 80% trafik data internet berasal dari Web.

0 komentar:

Posting Komentar

 

ShoutMix chat widget

Tips - Trik Komputer dan Internet Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts