Semoga di Web Dh!ka ini, anda menemukan apa yang anda cari & jangan lupa comment + follownya

Jumat, 05 Maret 2010

Tips Cara Mengenal Teknologi VoIP

Voice over Internet Protocol (VoIP) bukan merupakan teknologi baru. VoIP adalah suatu mekanisme teknologi yang memungkinkan terjadinya percakapan (voice) baik jarak jauh maupun dekat, dengan memanfaatkan internet (http://www.total.or.id/).

Terlepas dari kualitas suara yang tidak sebagus sambungan telepon biasa, para pelaku bisnis dan pemilik perusahaan mulai melirik penggunaan VoIP terutama untuk menekan pengeluaran. sebelum memanfaatkan VoIP, ada beberapa tips yang mungkin berguna.

Berikut tips-tips Cara mengenal Teknologi VoIP:
  • Anda harus bersiap terhadap segala kemungkinan, terutama pada perangkat (spare part) yang diperlukan agar sesuai dengan keinginan. contohnya: perusahaan anda membutuhkan instalasi VoIP dengan bandwidth lumayan besar. maka butuh satu part OC-3 dengan waktu hinga enam bulan untuk memesan dan memasangnya. jangan sampai karena salah perkiraan, anda terpaksa memakai spesifikasi lain yang tidak sesuai.
  • Anda perlu menguji kompatibilitas telepon yang digunakan. pastikan semua telepon pada komputer memiliki kemampuan terhubung dengan Power over Ethernet (PoE) dan tersedia port LAN pada komputer untuk mendukung sambungan internet (IP). disukusikan dengan karyawan ahli, untuk melihat kemungkinan upgrade kualitas suara dengan perangkat yang sudah tersedia di kantor.
  • Sosialisasikan terlebih dahulu kepada semua karyawan dengan tujuan mempersiapkan semua karyawan dalam pemakaian teknologi tersebut. Gunakan gambar (visual) agar karyawan memahami dan tidak terus-menerus mengajukan pertanyaan mendasar saat VoIP terpasang. perlu dipertimbangkan penggunaan jenis telepon tertentu bagi karyawan yang membutuhkan komunikasi tingkat tinggi. jangan segan meminta bantuan pihak ketiga saat mengalami kesulitan dalam sosialisasi.
  • Lakukan evaluasi saat VoIP dijalankan apakah memerlukan bandwidth yang lebih besar atau justru kebutuhan anda jauh di bawah kapasitas yang tersedia. sebagai contoh: jika ingin menambah luasan bandwidth, anda bisa mengubah dari fast ethernet menjadi gigabit ethernet.
Memasang instalasi VoIP untuk komunikasi memang masih terbilang mahal, tapi jika dilihat prospek penghematnya mungkin layak untuk anda pertimbangkan.
Salam sukses......

0 komentar:

Posting Komentar

 

ShoutMix chat widget

Tips - Trik Komputer dan Internet Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts